THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES ?

Jumat, 09 Desember 2011

Menjadi penyiar bintang


Penyiar Bintang adalah sahabat dekat pendengar

Untuk menjadi penyiar bintang atau bisa juga dikatakan sebagai penyiar radio professional membutuhkan latihan secara berulang ulang. Setelah saya mempelajari lebih jauh dan membaca buku buku tentang dunia broadcasting, ternyata terlihat sulit jika benar benar ingin memggeluti dunia tersebut. Menjadi penyiar radio secara mendasar memang mudah tetapi untuk mendapat gelar “bintang” membutuhkan latihan dengan sungguh-sungguh.

Bagaimanakah caranya?

1. Mengenali lebih dalam tentang radio tempat Anda bekerja supaya tidak membuat malu radio Anda ketika ada orang yang menanyakan sesuatu tentang radio Anda.
2. Menguasai program yang menjadi acara Anda. Banyak memberikan informasi informasi bermanfaat untuk pendengar, agar program Acara Anda yang paling diminati dan Anda bisa menjadi penyiar handal.
3. Mampu bekerja sama dengan baik. Karena kesuksesan siaran Anda melalui campur tangan seorang program directur,produser, scriptwriter, operator, music directur.
4. Mempunyai kepribadian yang humble atau suka merendah. Jangan sampai ucapan Anda ketika siaran menunjukkan kesan sombong. Pendengar lebih mengidolakan penyiar yang berjiwa besar, dan tidak sok pintar.
5. Setiap ucapan yang Anda sampaikan bisa menghibur pendengar.
6. Selalu semangat dalam membawakan program acara Anda. Meskipun banyak masalah yang menimpa, segalau apapun perasaan Anda, lupakan sejenak selama Anda on air. Jika Anda berhasil menyembunyikan kesedihan Anda dan mampu membuat pendengar tertawa maka Anda adalah penyiar professional .
7. Dari opening sampai closing uasahakan tidak hanya sekedar membaca sms dam muter lagu, karena Anda bisa di anggap penyiar yang tidak memiliki pengetahuan luas.
8. Siap menerima kritikan dan saran . Karena bisa mngetahui kekurangan dan membantu menjadikan siaran Anda menjadi lebih baik lagi.
9. Jaga kondisi tubuh dan kualitas suara. Rajinlah olahraga agar tubuh tetap sehat dan segar, jangan sampai Anda sering membolos siaran hanya karena kelelahan akibat tugas kampus atau pekerjaan lain. Jadilah penyiar yang disiplin.
10. Jadi penyiar gila. Jangan disalah artikan , maksud saya adalah sebagai penyiar radio kita dituntut untuk gila dalam arti meningkatkan kreatifitas dalam membawakan acara Anda agar semeriah mungkin, Anda bebas berekspresi. Meskipun pendengar tidak melihat Anda tetapi dengan gerak gerak tangan dan ekspresi muka sangatlah berpengaruh untuk gaya siaran Anda. Wujudkanlah gaya Anda sendiri.
11. Jadilah pendengar yang baik. Jangan bangga dulu jika Ana sudah diterima di radio favorit Anda, karena masih banyak penyiar radio di luar sana yang lebih handal daripada Anda. Luangkan waktu untuk mendengarkan radio lain karena bisa menjadi inspirasi baru Anda.
12. Selalu up to date berita music dan lagu terbaru.
Membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mecoba cara cara di atas, perlu kegigihan dan semangat dalam berlatih. Memang mudah jika hanya dibayangkan tetpai sulit untuk dipraktekkan .
Mulailah dari sekarang dan saya tunggu kabar Anda menjadi penyiar bintang.

0 komentar: